Tuesday 24 June 2014

Sirkuit Assen Belanda

Gelaran balap motor roda dua motoGP dari negeri matador, Spanyol 15 Juni lalu beranjak ke negeri kincir angin Belanda, manalagi kalau bukan sirkuit Assen. Ya , tepatnya seri Assen Belanda akan dihelat pada tanggal 28 Juni. Kok tanggal 28 Juni? Kenapa ? Kan tanggal 28 ntu hari Sabtu? Yup, jadwal motoGP di Assen s
elalu pada hari Sabtu, karena konon pada hari Minggu masyarakat setempat memfokuskan hari Minggu untuk beribadah. Religius banget ya? Walau ada even internasional mereka tetap memprioritaskan ibadah.

Assen merupakan salah satu sirkuit yang unik. Lintasan yang berjarak 3 jam dari Kota Amsterdam ini terbilang sirkuit yang sempit, memiliki trek lurus yang teramat pendek Dan mengharuskan karateristik roda yang berbeda, kompon roda sebelah kanan dibuat lebih keras dibanding sisi kiri karena Assen tipikal sirkuit dengan 11 tikungan ke kanan dan 6 ke kiri. Assen juga dijuluki 'katedralnya motoGP', karena merupakan sirkuit tertua yang telah digunakan motoGP sejak tahun 1949.

Semenjak dulu, karakter motor Yamaha yang dianggap cocok dengan karakteristik sirkuit ini. Karena M1 memiliki chasis yang lentur, mudah melahap chicane sempit. Tetapi jangan melupakan Honda yang mulai 2011 telah mempatenkan SSG ( Seamless Shift Gearbox) dan merancang chasis yang lebih lunak. Apalagi Honda sangat berkusa di 7 seri yang telah digelar lewat rider muda Marquez.

Salam Biker Nusantara !

No comments: