Wednesday 17 September 2014

Honda Kawin Dengan Yamaha???

Nih, kemarin hari CZL bermotor ke tempat kerja teman. Pas di belakang Toyota Agya, gak sengaja melihat emblem Astra di atas tulisan Toyota yang lebih kecil. Lhoh, CZL jadi keinget dulu pernah baca suatu artikel yang ngebahas perseteruan Honda dan Yamaha. Di jalan, Toyota Agya, Astra, kok jadi Honda Yamaha??

Hehe.. Gini lho.. Waktu itu sempet baca ada kemungkinan Honda dan Yamaha 'duet'. Wih, serrem.. Darimana?? Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Honda dalam hal ini AHM, bernaung di bawah atap Astra Internasional, sama dengan Daihatsu. Sedang Daihatsu merupakan anak perusahaan dari Toyota. Lha Toyota juga ada kerjasama bisnis dengan Yamaha. Ini Honda roda dua loh ya, sedang roda 4 (mobil), Honda ikut Prospect Motor (HPM). CZL sih belum googling dan membaca ulang artikel tersebut. Tetapi, jika memang kedepannya ada 'keterpaksaan' dari perusaahan yang berepentingan, bakal gimana hayo?


Untuk sementara ini, pabrikan motor yang jelas 'berduet' di depan mata yakni Kawasaki dengan Bajaj, meski dalam memasarkan produk mereka, Kawasaki terkesan menganaktirikan Pulsar 200NS. Untuk pabrikan mobil, Toyota dan Daihatsu udah membuktikan duet mereka dengan beberapa mobil kembar bersaudara. Seperti Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Toyota Rush-Daihatsu Terios, dan paling bungsu LCGC Toyota Agya-Daihatsu Ayla.

Tetapi, kalau lebih di telisik lagi, mobil bersaudar tersebut dimaksudkan juga
untuk menggenjot pasar. Sedang Honda-Yamaha (roda dua) kita tahu sendiri pasarnya udah kenceng. CZL sih masih sangat awam mngenai hal ini, tetapi untuk kemungkinan bakal ada kerjasama bisnis antara Honda-Yamaha kecil sekali. Ah, ini hanya uneg-uneg dan terkaan CZL saja.

No comments: