Wednesday 17 September 2014

Peserta Goncang Pasar 150cc 2015

Haha.. Sport 250cc sekarang ini rada adem.. New CBR 250 udah muncul ke permukaan, mesin baru, perubahan sektor tampilan menganut CBR 1000RR yang bermata dua. Yamaha juga udah sukses menyalip angka penjualan si Ninin 250FI dengan YZF R25 barunya yang fresh. Bisa dibilang pasar 250cc lagi adem, hanya Kawasaki yang sedang kebakaran jenggot yang konon sedang menyiapkan motor 250cc 4 silinder. Ya, kabarnya sih bakal 4 silinder. Tetapi bener atau enggaknya juga belum bisa diterawang. Pasti Kawasaki juga bijak, mau dibandrol harga berapa kalau jadi nelurin sport 4 silinder? Udah deh, tunggu aja langkah kawasaki sselanjutnya.



Yang jadi uneg-uneg nih tahun depan, 2015, pertarungan 150cc bakal semakain ramai (di semua segmen). Jika sekarang ini 150 cc dihuni oleh CBSF, Verza, CBR150R lokal (versi CBU dikabarkan sold out setelah diskon), R15, NVL, Byson, dan Satria. Maka tahun depan dimungkinkan pesertanya akan bertambah lagi, diantaranya New CS1/Sonic, New JupieMX, Verza-nya Yamaha(sport murah dari Yamaha), Gixxer, dan ingat satu lagi bahwa Byson belum disematkan injeksi loh. Wah, jadi berapa tuh, coba hitung pakai jari tangan, kalau tidak cukup ya lanjutin pakai jari kaki.. Haha.. Tetapi CZL takankan lagi masih mungkin lho ya.. Sementara tersebut yang beritanya berhembus kencang. Atau mungkin pesertanya akan bertambah lagi, layaknya kabar Kawasaki yang akan main (lagi) di kelas 150.

Yang penampakannya sudah nongol di internet, yakni Exciter 150RC, versi Vietnam. Kemungkinan besar pasti juga akan produksi di Indonesia sebagai kelanjutan seri Jupiter MX. Lalu Suzuki Gixxer yang lebih dulu mengaspal di India. Kabarnya mesin akan sama pleg dengan si FU, tinggal pasang pada sasis sport. Sonic/CS1 reborn juga masih di godog sama AHM, yang malah kabarnya (IWB dan EA) akan keluar dengan dua model sekaligus, pure bebek dan ayago. Si bebek ditujukan menghadang New MX, ayago jelas untuk mengganggu pasar FU yang melenggang sendirian. Wah, jan disikat semua sama AHM.

Yamaha mengaimini kalau pihaknya akan menelurkan spesies yang sama dengan Verza, sport murah. Tetapi, masih belum ada kejelasan kapan akan terrealisasi. Mengenai Byson injeksi yang juga udah duluan di India, dipastikan 2015 menyusul.

Wah-wah, kalau banyak pilihan varian sekelas gini akan menguntungkan konsumen, seperti yang CZL dulu pernah bahas. Pabrikan akan memberi fitur yang berlebih (dari kompetitor) pada produknya dengan harga yang kompetitif. Tetapi, para pembeli mungkin juga akan dipusingkan akan menjatuhkan pilihan pada yang mana.. Pilih mana aja boleh.. Tabung duitnya mulai sekarang..

Salam Biker Nusantara !

No comments: