Saturday 30 August 2014

Kecimpung CBR150R Lokal Alias CKD!!

Hehe.. Buakan berita hot lagi nih, mungkin udah agak basi.. Lhah kok baru di bahas ssekarang?? Waaa.. Nunggu contekan dari blogger senior/kondang ya om?? Haha.. Buka rahasia niih... Kan malu... hihi..

G laah.. g nyontek laah.. Seperti niatan dari dibuatnya blog ringan ini, sekedar mengeluarkan opini CZL pribadi perihal dunia roda dua tanah air... Ya, emang pastinya browsing di beberapa blogger senior nasional, cari referensi atau kebenaran suatu berita. Karena beliau-beliau ini kan udah level nasional, udah ada kenalan/sumber-sumber terpercaya yang valid. Sedang CZL??

Ok, balik lagi. Ada apa dengan CBR 150 lokal?? kan udah dijelasin sama IWB, TMC, Pertamax7, dll.. Iya siih.. CZL g akan nyontek kok, kan udah dijelasin di awal tadi...

New CBR250R
GIni, tampang sebenarnya dari produk fairing pertama AHM ini memang belum nongol. Tetapin dari 'penerawangan' para blogger senior, akan 90% sama dengan New CBR250R,.. iyaa yang dual keen eyes itu.. alias bermata dua.. yang juga merupakan duplikasi dari wajah Honda CBR1000RR Fireblade. Meskipun gak sama pleg, mata FireBlade 1000RR lebih menantang. Nah lho?? Kenapa?? Lak seperti produk Thailand sebelumnya..

Penampakan CBR1000RR FireBlade
Dalam arti bukan kemiripan tampangnya, tetapi kesamaan 'keturunannya'. Maksudnya gini, CBR150R Thailand saat ini kan sebenarnya 'niru' kakaknya yakni CBR250R (sebelum CBR Dual keen eyes), lha sedang CBR250R nyomot wajah dari Honda VFR, 800 cc atau 1200cc. CMIIW. Yang notabene bukan pure motor gen sport, melainkan motor berdarah touring. Noh, dalam hal ini berarti satu wajah yang (hampir) sama ini, hanya (mungkin) berbeda ukuran, di pakai pada tiga kelas yang berbeda, 1000cc, 250/300cc, dan 150cc. Wah Honda g kreatif ya, bisanya nyontek doang?? Bukan gitu sih, pasti ada maksud tertentu dari ini. Lagipula masih merupakan hal yang biasa bila suatu merk menduplikasi wajah/tampang atau kawin silang dengan produk (se-merk) yang berbeda kelasnya. Wong sekarang plagiat antar merk aja kayak udah gak ada rasa malu. Jangankan di tanah air, di rumahnya Jepang sono, plagiatisme juga udah lumrah.
CBR150R Thailand

Nah, misal entar CBR150R lokal akan bertampang layaknya Fireblade atau New CBR250R, kan juga nyusul CBR sebelumnya, satu wajah dipakai untuk tiga kelas, meski berbeda dimensi (ukuran). Awalnya CZL mengira bahwa CBR lokal ini akan berbeda dari produk sport Honda lainnya, mengutip perkataan AHM bahwa model akan dirombak total. Tetapi, tidak sepenuhnya akan sama pleg dengan kakaknya (CBR250R). CBR lokal ini menggunakan beberapa part yang berbeda dengan CBR150R Thailand. Seperti keterangan dari blogger kawakan, layaknya menggunakan sasis trust frame(tubular khas CB StreetFire)-CBR Thai menggunakan deltabox, sensor O2 akan di tempatkan pada silencer (sistem close loop)-CBR Thai diletakkan di Cyl Head (CMIIW), shock belakang udah pakai Pro-Link-CBR Thai masih konvensional, de el el.

Untuk masalah mutu atau kualitas semoga new produk Indonesia ini tidak kalah dengan kualitas Thailand. Karena kita tau, kualitas/mutu produk Thailand memang tak diragukan, konon kabarnya disana disokong oleh pemerintahnya.

New CBR CKD ini akan di duelkan dengan gacoan Yamaha, siapa lagi kalau bukan YZF-R15. Hayo-hayo, apakah euforia R15 akan terganggu dengan kelahiran CBR lokal? Yang kabarnya harga pasi akan bersaing ketat. Apakah konsumen Indonesia akan tergiur dengan model CBR Dual keen eyes? Atau mungkin masyarakat akan lebih memilih CBR karena udah DOHC? Ya, sebenarnya bisa dikata DOHC lebih 'wah' dari SOHC. Tetapi kenyataanya, kita dapat flashback kebelakang sejenak, penjualan CB150R StreetFire berkonfigurasi DOHC tidak bisa mengungguli New V-ixion Lightning yang notabene masih menganut SOHC. Apakah karena model? Atau 'black campain' tentang dudukan Pro-link Cb StreetFire yang mudah patah?? Entahlah.. Let's wait n see..

Salam Biker Nusantara !!

No comments: