Sunday 18 May 2014

Hasil MotoGP Le Mans Perancis 2014


Seperti yang banyak diprekdisikan, untuk yang kelima kalinya secara beruntun Marquez merajai podium. Cuaca lintasan Le Mans yang biasanya tidak dapat ditebak, wet atau dry race, tidak untuk hari ini yang cerah. Sehingga anggapan atau prediksi kalau terjadi wet race akankah Marc tetap mampu meyentuh finish pertama.

Awal start formasi angsung beracak, Dovizioso yang start dari posisi tiga mengawali start dengan sempurna, begitupun dengan The Doctor. Beberapa kali duo Italiano ini, Rossi dan Dovi saling salip-menyalip dalam tempo waktu yang cepat. Terlihat pit board Rossi dan Pol Espargaro muncul tiap lap-lap awal, karena ketatnya race. Sementara Marquez yang mengawali dari posisi terdepan sempat tercecer ke posisi 7. Nasib tidak beruntung di alami Kentucky Kid Nicky Hayden yang tidak sengaja tersenggol motor Iannone pada lap pertama. The little spaniard, Dani Pedrosa tidak mengawali start dengan bagus, yang start dari posisi 9.

Marquez yang sempat tercecer mulai ngotot untuk merangsek ke posisi depan. Dan dalam beberapa lap saja sudah pada posisi dua dibelakang Rossi. Uniknya, Marc berhasil mengovertake rider di depannya pada chicane, tikungan S kecil yang sama tiap lap-nya. Harapan untuk melihat head to head antara Marc dengan Pol Espargaro terkubur sirna. Ya, keduanya adalah rival berat pada kelas moto2 sebelum Marc naik kelas. Setelah disalip Marc, tidak ada perlawanan yang diberikan oleh Pol. Entah karena spek motor atau faktor lain. Hal serupa juga terjadi saat Marc mengovertake Vale saat Vale melebar keluar dari racing line. Tidak ada pertarungan sengit antar kedunya, sampai Marc dapat membuat GAP sampai 3.6 detik di depan Vale.

Performa yang menonjol diperlihatkan para rider muda. (Stefan) Bradl sempat pada posisi dua dalam bebrapa lap awal, sebelum pada pertengahan race melebar dan tercecer merelakan podium di depan mata. Begitu pun Pol Espargaro yang bisa bertahan pada posisi 4 besar, pencapaian terbaiknya musim ini. Sementara (Alvaro) Bautista berhasil menyabet podium pertamanya musim ini, dengan finish di urutan ketiga.

Hasil race motoGP Le Mans Perancis:
1. Marc Marquez. Repsol Honda Team. Lap 27
2. Valentino Rossi. Movistar Yamaha MotoGP. +3.389
3. Alvaro Bautista. Go&Fun Honda Gressini. +5.142
4. Pol Espargaro. Monster Yamaha Tech3. +6.192
5. Dani Pedrosa. Repsol Honda Team. +6.714
6. Jorge Lorenzo. Movistar Ymaha MotpGP. +8.829
7. STefan Bradl. LCR Honda MotoGP. +12.978
8. Andrea Dovizioso. Ducati Team. +23.882
9. Aleix Espargaro. NGM Forward Racing. +24.295
10. Bradley Smith. Monster Yamaha Tech3. +24.633
11. Cal Crutchlow. Ducati Team. +26.902
12. Scott Redding. Go&Fun Honda Gressini. +39.754
13. Yonny Hernandez. Energy T.I Pramac Racing. +43.173
.
Nantikan seri berikutnya tanggal 1 Juni beranjak ke negeri pizza, sirkuit mugello Italia.

Saam Biker Nusantara!

No comments: