Wednesday 7 May 2014

Perang Pasar Monster 250cc Tanah Air

Yaa.. Udah lama tidak buka blog jarang apdet postingan nih. Sampai niat posting panasnya persaingan motor sport kelas 250cc tanah air ketunda-tunda. :v

Ok deh, kalau diperhatikan beberapa tahun terakhir masyarakat kita mulai aktif memilih motor ber-cc 250, bisa dikatakan moge entry level. Dari awal pasar kelas ini hanya diisi oleh dua vendor raksasa Jepang. Honda dan Yamaha? Bukan. Honda dan Kawasaki. Honda dengan andalan CB series-nya CBR 250 R,

Sementara Kawasaki dengan Ninja 250

Si Ninin (Ninja 250, red) lebih ditrima masyarakat dengan membukukan penjualan di atas si CBR. Memang dengan cc yang sama, sementara Ninin menghadirkan 2 silinder sementara CBR masih menggendong single cylinder. Lebih besarnya horse power pada Ninin juga menjadi nilai plus lainnya. Dari segi ergonominya pula si Ninin agak racy, memaksa rider agak menunduk bagi mayoritas orang Indonesia yang kurang jangkung. Sedang Honda CBR tampaknya masih mempertimbangkan sisi daily use-nya dengan fokus ergonominya yang nyaman, sehingga buat perjalanan jauh pun gak buat punggung kaku.

Mengikuti standar dunia masalah gas buang (CO) yang ramah lingkungan, sadar akan potensi Ninja 250 yang terus meroket pasarnya, Kawasaki lahirkan Ninja 250 FI

Tampilan Ninin FI lebih garang dan fresh, masih mendominasi pasar motor sport 250 cc.

Ninja 250 Mono
Regulasi dunia yang menuntut kembali masalah gas buang membuat Kawasaki menyuntik mati Ninja 150 R yang pasarnya juga tak kalah penting. Membuat Kawasaki pusing cari suksesornya. Teringat dari balap sport 250 cc antara Ninja 250 (dua silinder) yang sering dipecundangi CBR 250 pada even-even nasional, solusi cerdas Kawasaki yakni mendiscontinue si Ninin 150 dan menggantinya dengan Ninin 250 Mono (satu silinder). Nah lho, peserta sport 250cc udah bertambah satu lagi. 

Beredar isu pula bahwa Honda akan produksi CBR 250 dua silinder guna perpanas pasar yang dikuasai Kawasaki. Tetapi sampai sekarang belum ada snapshot ataupun kabar hot mengenai calon produk Honda satu ini.

Sementara Yamaha yang sedang rajai puncak pasar sport 150cc tampak juga mulai tidak tenang dengan sepinya pasar kelas sport 250cc. Masih dalam bentuk prototype, Yamaha produksi YZF250 atau lebih dikenal dengan R25. Dengan bentuk lekukan bodi yang lebih fresh, khas M1 motoGP, yang dites langsung oleh The Doctor diramalkan R25 akan ikut menyaingi si Ninin. Isu yang beredar R25 akan launching Juni mendatang.



 Ayo-ayo dipilih....
Dengan persaingan begini, para pabrikan akan berlomba-lomba menciptakan motor sesuai keinginan konsumen dengan harga yang bersaing pula. Balik lagi yang diuntungkan ya konsumen, tinggal pilih yang mana, mana yang cocok.

Itu baru sport 250 yang pakai baju (sport fairing), belum yang versi naked.

Salam Biker Tanah Air!!

No comments: