Sunday 19 February 2017

HATI – Bagian 2

 Sebelumnya HATI – Bagian 1

Maka ingatlah, jika hati kita bersih cinta tumbuh juga akan bersih. Bagaikan mata air yang bersih mengalir dengan kejernihannya. Meskipun dalam alirannya akan banyak ditemui kotoran-kotoran yang mengganggu tapi air akan tetap jernih sepanjang aliran sesab sumber mata air selalu membersihkannya.
Jadi dalam Trilogi Cinta, hatilah sebagai otak bercinta. Nah sekarang bagaimana hati bisa menerima cinta. Mungkinkah cinta itu memaksa hari atau sebaliknya hati memaksa cinta.
Cinta akan timbul jika ada sebab. Dan sebab itu datang bukan atas kehendak manusia. Tapi kehendak dan izin Allah SWT. Sehinga dimana dan kapanpun manusai berada, ia tak pernah tahu kapan dan dimana sebab itu akan datang, Dan akhirnya orang akan bilang, “Cinta itu memang misterius”.
Setiap cinta yang timbul dan dimunculkan oleh Allah SWT akan bergerak tanpa permisi hinggap di hati seseorang. Ia menempati tempat tertinggi di dalam tahta kerajaan ahti manusia dan tak ada sebab lain yang bisa meruntuhkannya kecuali Allah SWT.
Denagn cinta yang hadir barulah manusia akan terpesona, bahagia, mabuk kepayang, terhipnotis, dan sebagainya saat bertemu dan memandang sang terkasih. Dan sebab itu akan datang dari beraneka macam alasan. Setiap manusai memiliki prioritas dan titim tekanan yang berbeda-beda. Ada yang jatuh cinta hanya gara-gara senyuman yang menawan, hartanya yang berlimpah, kecantikan wajahnya yang memancar, akhlaknya yang terpuji, agama yang kuat, keturunan yang ningrat, tubh yang menggoda dan sebagainya. Sebab-sebab inilah yang sebagian dapat menimbulkan cinta.
Jika tidak ada saling memaksa. Jika keduanya yaitu antara sebab dan hati cocok maka cinta akan berkembang. Keduanya akan saling mengisi dan memahami satu sama lain. Dan ingat, bahwa cinta itu takkan dapat dipaksakan. Jika dipaksakan, ia akan berontak melawan kungkungan jiwa yang memaksa. Sehingga akhirnya dpat mengakibatkan keburukan baginya.
Namun ada ungkapan orang jawa, “Tresno jalaran soko kulibno “ (Cinta akan datang sebab biasa). Artinya cinta kan dapat tumbuh saat kita berkumpul dengannya dan menemukan titik kesesuaian dan kecookan dengan dirinya. Tentunya hal itu dilewati dengan pernikahan dahulu. Awalnya tidak ada saling mencintai bahkan tertarik pun tidak. Namun dengan seiring berjalannya waktu, lambat laun dirinya menemukan sesuatu hal pada suamu/istri yang menjadi sebab ia mencintainya. Hal semacam ini banyak terjadi di kalangan orang tua kita dahulu atau mungkin sekarang mmasih ada. Maka membuahkan rasa cinta memang tak secepat kilat, butu proses dan waktu yang cukup lama.
Kemudia ada titik-titik yang sangat disukai dan dibenci oleh potensi hati. Titik-titik itu berada pada setiap hati manusia. Hati akan selalu menyertakannya pada setiap keadaan. Titik tersebut adalah titik baik dan titik buruk. Kedua titik tersebut memberi pengaruh yang luar biasa bagi perkembangan dan keadaan hati. Hati yang selalu dipenuhi titik baik misalnya, saling menyayangi, menghormati, memberi hadiah, kelembutan, berkata-kata manis, memuji, memberi nasehat dan sebagainya, akan memancarkan sinar penuh kebahagiaan. Sehingga sepasang kekasih yang selalu berbuat seperti itu akan dalam kebahagiaan bersama. Hatinya akan menerimanya denga n baik dan selalu bersih serta indah jika dipandang.
Maka kembangkanlah titik ini, hiup anda pasti akan bahagia dan cemerlang.
Berbeda dengan titik buruk misalnya, amarah, caci maki, kebohongan, buruk sangka, benci, acuh tak acuh, dan lainnya, akan menimbulkan noktah-noktah hitam yang akan menyebar terus dan akhirnya merubah hati menjadi hitam. Titik inilah yang ditolak oleh hati setiap manusia. Hati akan menolak dan berusaha menjauhinya, tidak akan sedikitpun bekerja sama dengan titik keburukan ini. Seburuk-buruk hati manusia pun jika hatinya disakiti, ia akan marah dan menolaknya.
Jadi peliharalah hati selalu. Jadikan hati ini selalu bersinat dengan cahay ke-Ilahian dengan selalu bernuat bak dan menghindarkan dari perbuatan burul. Jangan pernah bermimpi mendapatkan cinta yang murni jika hatimu masih kotor. Cinta yang murni dan bersih hanya akan didapatkan dari hati yang bersih. Bersihkanlah niat dan cara mendapatkannya.
Ingatlah hati anda adalah bagian dari Trilogi Cinta anda.

No comments: