Saturday 18 February 2017

Mengobati Penyakit Kudis

Penyakit kudis ialah penyakit yang wujudnya berbintik-bintik kecil-kecil dan rasanay gatal. Penyakit kudis terjangkit dari bermacam-macam sebab, antara lain :
Tempat tidur atau pakaian yang kotor. Karena terbawa oleh binatang nyamuk dan lalat. Atau kejangkitan dari norang lain, semisal dari kawan seasrama dan sebagainya. Untuk pencegahannya ialah pakaian, perumahan, tempat tidur harus selalu bersih. Dan erumahan supaya selalu mendapat sinar matahari atau setidak-tidaknya ada pergantian udara. Pakaian jangan suka bergantian dengan orang yang mempunyai penyakit kudis.

Pengobatan kudis secara tradisional ada bermacam-macam cara, antara lain :
  1. Dengan cara meminum obat daun meniran dan daun sambiroto direbus dan dicampur dengan irisan kunyit sedikit, kemudian airnya diminum. Rasanya sangat pahit, tetapi mengandung obat yang akan membasmi kuman-kuman pada kudis itu.
  2. Dengan cara mengoleskan obat, resepnya adalah :
    1. Buah pala : 2 biji
    2. Belirang : sebesar ibu jari
    3. Minyak kelapa : 1 sendok makan
  3. Dengan cara mandi
    Resep dan cara pengobatannya ialah sebagai berikut :
    daun brotowali, daun meniran, daun sambiroto, daun serai, semua dikira-kira seperlunya, terus direbus dengan air sampai mendidih betul. Kalau sudah mendidih diturunkan dari jerangan api, dicampur dengan air dingin sehingga menjadi hangat suam-suam kuku. Kemudian air tersebut untuk mandi atau berendam kurang lebih 15 menit saja. Lakukanlah dengan cara ini berkali-kali sampai berhasil.

    Sumber :

No comments: