Sunday 19 February 2017

TANGGUNG JAWAB -Bagian 2


Selanjutnya sang suami/istri adalah bagian dari pasanagnnya. Saat merasakan kesedihan, kesedihannya adalah kesedihanku, kebahagiaannya adalah kebahagiaanku, tangisnya adalah tangisku dan lainnya. Maka akan terbangun rasa memiliki diantara keduanya. Tak akan sedikitpun menyakitinya walau pun itu pahit untuk dirasakan.
Jika sang kekasih bersalah, dengan lemah lembut membimbingnya ke jalan yang benar memarahinya sebatas maeah yang benar yaitu marah terhadap perbuatnnya yang salah bukan pada pribadinya. Tdak mencaci maki pribadinya atau malah menyindir dengan sindiran berniat mentalak akibat dari kesalahannya. Menunjuki perbuatannya yang salah dan kemudian memberitahukannya mana yang dianggap benar. Sehingga rumah tangga itu tidak dipenuhi emosi dan amarah.
Sungguh rumah tangga yang sejuk walaupun ditimpa berbagai coobaan dan ujian. Tetap tenang dalam menghadapi masalah dan ia yakin masalah pasti ada jalan keluarnya dengan bersabar.
Selain itu banyak juga yang harus dilakukan untuk merawat cinta seperti melimpahkan kasih sayang, selalu membahagiakan dengan kejutan yang tak terduga, memberi sekedar hadiah, saling memuji, memberi penilaian yang positif, mengucapkan kata-kata mesra, menciptakan suasana romantis. Membimbingnya ke arah jalan yang benar dan hanya ridho Allah SWT yang diharapkan dan sebagainya.
Begitulah moral sebagai tanggung jawab terhadap cinta yang telah diraihnya. Tdak diperbolehkan membiarkannya kering tanpa air yang menyiramnya. Manusia butuh cinta, cinta takkan pernah ada tanpa ada 2 hati yang saling terpaut dan terikat.
Merasakannya menimbulkan dentuman dn getarran-getaran jiwa yang hebat. Dengan cinta, alam semesta dan segala apa ada di dalamnya ini ada. Allah SWT mencintai alam semesta ini dengan selalu menjaga dan merawatnya. Dengan cinta-Nya lah alam ini berputar dengan teratur. Manusia hidup dengan keindahan alam yang mempesona.
Maka jangan lupakan Trilogi Cinta sebagai bagian pokok dari cinta manusia. Raihlah cintamu denga ketulusan hati. Jangan kau sisipkan nafsu ke dalam cintamu. Nafsu hanya akan menenggelamkanmu.
Ingat, HASTA (Hati, Sepasang Kekasih, dan Tanggung jawab). Hidupmu akan bahagia. Insya Allah.

No comments: