Friday 17 February 2017

Mengobati Kencing Manis

Sebelum membahas cara pengobatannya, maka terlebih dahulu kita fahami penyalit kencing manis itu sendiri. Penyakit kencing mansi atau disebut juga diabetes militus disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang berlebihan. Zat gula sangat disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang berlebihan. Zat gula sangat diperlukan oleh tubuh sebagai penghasil tenaga atau energi baru. Tetapi kelebihan zat gula justru menimbulkan penyakit. Dalam tubuh ini terdapat suatu organ yang disebut pankreas. Organ ini dapat memproduksi beberapa kelenjar, salah satunya kelenjar insulin. Reaksi kimia antara kelenjar insulin dengan zat gula inilah yang menghasilkan energi.

Oleh karena itu jika terjadi gangguan ada pankreas, infeksi dan sebagainya, tubuh akan menderita penyakit gula. Pankreas mudah rusak apabila orang terlalu sering minum air dingin atau air es. Adapun gejala penyakit gula tersebut sebagai berikut :
  1. Sering kencing.
  2. Mata terkena infeksi.
  3. Mudah terkena infeksi.
  4. Impoten.
  5. Jika tubuh terluka sulit disembuhkan.
Pencegahannya :
Kurangi makan lezat-lezat, dan yang banyak mengandung kadar gula serta berolah raga yang cukup. Resep maupun cara pengobatannya sebagai berikut :
  1. Daun murbei satu genggam.
  2. Daun meniran satu genggam.
  3. Daun kumis kucing satu genggam.
  4. Kemetir/Petai cina satu genggam.
Empat bahan tersebut direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih dan ditinggalkan 1,5 gelas. Minumlah 3 kali sehari masing masing 1/2 gelas.

Resep yang lain adalah ambil lamtoro gung (sejenis kemetir/petai cina atau mlanding) dijemur sampai kering, kemudian digoreng sangan seperti menggoreng kopi, kemudian ditumbuk sampai halus seperti kopi bubuk.

Cara pengobatannya :
Ambil 1,5 sendok teh bubuk lamtoro gung tersebut, kemudian diseduh dengan segelas air panas. Kalau sudah suam-suam kuku/hangat minumlah sehari tiga kali. Selamat mencoba.

Sumber :
 

No comments: