Friday 17 February 2017

Mengobati Sakit Batuk

Penyakit batuk banyak sekali sebab musababnya, umpamanya disebabkan malam kurang tidur, kena angin malam, kena banyak naik kendaraan, kena udara kotor atau udara yang berdebu, atau terlalu banyak menghisap rokok atau dikarenakan sakit dari bagian tubuh yang lain, semisal kepala pusing, pernafasan sesak dan sebagainya.

Agar terhindar dari penyakit batuk tersebut diatas, pencegahannya ialah mengurangi apa yang telah diterangkan diatas, ialah tidur supaya cukup, naik kendaraan roda dua semua lubang-lubang hidung, telinga, mulut supaya ditutup, dada supaya diberi lapisan dengan kulit atau stopmap atau apa saja sebagai pengaman agar terhindar dari penyakit batuk, dikarenakan dari sesak nafas. Merokok supaya dikurangi atau dicegah.

Resep pengobatannya adalah sebagai berikut :
  1. Jahe : 1/2 ons
  2. Cengkeh : 10 biji
  3. Daun sirih : 5 helai
  4. Serai : 1 batang
  5. Air : 1 liter
  6. Kencur : 2 ons

Cara mengerjakannya :
  1. Jahe dikupas kulitnya dicuci dan dibakar kemudian digepuk (dipecah)
  2. Cengkeh dicuci dan dipecah satu persatu.
  3. Daun sirih dan serai dicuci.
  4. Bahan 1, 2, 3, direbus dengan satu liter air, tinggalkan 3/4 liter.
  5. Kencur dikupas kulitnya, dicuci dan diparut atau di jus.
  6. Rebuslah ramuan no. 4 kalau sudah dingin dicampurkan pada kencur yang sudah diparut sambil dicampur-campur langsung diperas airnya dan disaring.
  7. Yang terakhir dicampur dengan madu/gula enau/gula kelapa/gula batu. Tetapi yang terbaik adalah dicampur dengan madu.

Penjelasan :
bagi para pembaca yang terserang penyakit batuk, dan batuknya sudah parah dan menggigil, asalkan yang tidak terkena penyakit TBC, hanya batuk karena masuk angin saja, maka minumlah 3 kali sehari obat batu tersebut, dan sekali minum 1.3 gelas blimbing. Sesudah atau sebelum makan sama saja. Kalau akan minum obat batuk tersebut baiknya dicampur dengan perasan jeruk nipis seperlunya.


Sumber :

No comments: