Saturday 18 February 2017

Mengobati Sakit Influensa (Sakit Pilek)

Yang dimaksud sakit influensa atau pilek (bahasa jawa) ialah hidung selalu keluar ingusnya, kepala pusing, badan terasa meriang, makan dan minum tidak merasa enak. Hal ini dkarenakan terlalu banyak kena air hujan.
Maka untuk mencegah agar jangan terjangkit penyakit-penyakit tersebut ialah kalai kita habis kehujanan basah kuyup sampai dengan kepala, maka segeralah mandi keramas dengan air hangat. Sesudah itu seluruh tubuh dan kepala dikeringkan dengan handuk, kemudian gosoklah seluruh tubuh dengan bobokan yang untuk dewasa, yang telah dilarutkan dengan air panas dan ditambah dengan sedikit minya serai atau minyak kayu putih. Niscaya badan akan menjadi hangat dan akan terhindar dari penyakit influensa. Kalau terpaksa terjangkit penyakit influensa, ramuan obatnya adalah sebagai berikut :
  1. Kayu secang : 20 gr
  2. Bengle : sebesar jari telunjuk
  3. Kayu manis : sebesar jari manis
  4. Adas pulasari : 1 dendok makan
  5. Bidara putih : 1 sendok makan
  6. Babakan pule : sebesar ibu jari

Cara mengerjakan :
  1. Bahan no. 2-6 dikupas dan dicuci dahulu, karena merupakan umbi batang.
  2. Bahan no 1-5 digoreng sangan seperti menggoreng kopi. Kalau sudah masak dan kering, tetapi jangan sampai hangus, turunkan dari api, kemudian ramuan tersebut ditumbuk halus sebagaimana menumbuk kopi bubuk, teru diayak.
  3. Ambillah bubukan ramuan obat tersebut kira-kira dua sendok teh, masukkan ke dalam gelas diseduh dengan air panas, dan diminum. Maka buktikanlah perkembangannya.

    Sumber :
     

No comments: