Friday 17 February 2017

Perawatan Rambut Agar Tetap Hitam Dan Tidak Lekas Beruban

Hidup pada zaman modern ini tentang perawatan rambut sangat dipentingkan. Dan perawatan rambut dengan bahan-bahan kosmetik di salon-salon biayanya cukup besar. Kebanyakan kaum remaja atau putri, kaum bapak atau kaum ibu sangat gelisah apabila rambutnya menjadi memerah atau cepat beruban. Maka hal ini dapat di atasi sebagai berikut :
  1. Kalau di dapur ada sisa teh (air teh yang tidak manis) dapat kita pergunakan untuk keramas, tidak usah memakai sampo.
  2. Kalau keramas pakailah londo merang (bahasa Jawa), sebagai pengganti sampo.
  3. Setelah rambut dikeringkan dengan handuk, kalau akan memakai minyak rambut pakailah minyak cem-ceman. Minyak cem-ceman ialah minyak kelapa murni yang dibuat sendiri di tim (direbus) dengan bahan-bahan penyubur rambut ialah denagn pandan, yang sudah diiris-iris kecil dan dikeringkan. Belahan jeruk purut, daun mangkokan, biji klabet, dan kau manis atau kulit manis.
Dengan cara nomor 1,2, dan 3, ini kita praktekkan, insya Allah akan berhasil.

Ketetangan :
1. Londo merang (bahasa jawa), ialah tangkai padi yang dibakar terus abunya dicampur dengan iar, kemudian airnya disaring dengan kain, maka saringan ini disebut londo merang. Maka air londo merang ini untuk keramas sebagai pengganti sampo. Dan ini memang dikerjkan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu sebelum ada sampo. Khasiat londo merang untuk membasmi ketombe dan menguatkan tumbuhnya rambut agar tidak lekas rontok.
  1. minyak cem-ceman ialah pertama kali kita membuat minyak kelapa murni, caranya ialah santan kelapa kita rebus terus, lama-kelamaan akan menimbulkan minyak kelapa yang murni, dan akan menimbulkan endapan yang berwarna coklat, rasanya manis yang blendo (bahasa jawa). Biasanya blendo dimakan begitu saja, rasanya manis sebagai makanan ringan atau untuk campuran memasak tahu, tempe, daging, yang disebut makan semur (masakan jawa).
  2. Daun pandan yang daunnya panjang-panjang setengah sampai satu meter, lebarnya 4-6 cm dan baunya sedap.
  3. . Jeruk purut ialah jeruk yang biasanya untuk bumbu masak. Khasiatnya untuk menetralkan kelebihan minyak pada rambut. Sedangkan rambut yang selalu kering dapat dilemaskan dan dikeramasi dengan santan kelapa terus dicuci dengan air biasa.
  4. Daun mangkokan yang wujudnya bulat cekung seperti pinggang atau mangkok berkhasiat menyuburkan rambut.
  5. Klabet berbiji persegi-persegi kecil dan lebih kecil dari pad isi jambu klutuk, berfungsi sebagai penyedap dan pengharum minyak rambut, sebagai gantinya bibit minya wangi.
  6. Kulit manis merupakan kulit kayu berbau sedap juga untuk menambah sedapnya minyak rambut cem-ceman.
Sumber:

No comments: